Jumat, 01 November 2013

Petunjuk Setting EDC merk Gemalto :



1.      Menghidupkan EDC : Tekan dan tahan tombol panah bawah sampai mesin menyala
2.      Mematikan EDC : Tekan tombol panah bawah kemudian tekan 0.
3.      Untuk masuk menu BRI (info saldo dan mini ATM) : Tekan tombol menu yang berada diantara tombol navigasi bawah & atas.
4.      Petunjuk Sinyal pada Display EDC tertulis SIM,  kemungkinan SIM rusak (SA) :
Harap menghubungi divisi Layanan
5.      Petunjuk Ssinyal pada Display EDC tertulis GSM, maka harus dilakukan langkah berikut:
a.      Tekan tombol hijau ( enter}
b.      Function Number ketik 12            tekan enter
c.       Password  0000                             tekan enter
d.      Pilih  menu encrypt msg               tekan enter
e.      kemudian pilih encryp disable.     yes
6.      Cetak Banner
a.      Tekan tombol hijau (enter)
b.      Funtion Number ketik 82              tekan enter akan mencetak banner yang berisi informasi nama Uker EDC dan karakteristik huruf,angka,dan symbol yang akan tercetak di kertas EDC.
7.      Term. Detail
a.      Tekan tombol hijau (enter)
b.      Funtion Number ketik 91              tekan enter
-          melihat S/W : MiniATMm3
-           ver : 1.06
-          TID : 8 digit
8.      Menu NIT/TID/MID untuk melihat host ID, Terminal ID & Merchant ID
a.      Tekan tombol hijau (enter)
b.      Function Number ketik 12            tekan enter
c.       Password 0000                              tekan enter
d.      Pilih no. 1 NIT/TID/MID                tekan enter
e.      Tekan tombol merah (X) keluar Host ID 3 digit
f.        Tekan tombol merah (X) keluar terminal ID 8 digit
g.      Tekan tombol merah (X) keluar Merchan ID 15 digit
9.      Tes koneksi GPRS ke Host
a.      Tekan tomol hijau (enter)
b.      Funtion number 0                         tekan enter
c.       Tunggu sampai Conect OK



10.  Bila SIM Card EDC yang pakai XL Prabayar tidak bisa transaksi atau sinyal menunjukan GSM harap dicatat No. ICCID 19 digit di balik sim card dan hubungi TSI(OJK) untuk mengisi ulang pulsa.
1
PROSEDUR UPDATE PROGRAM EDC versi 1.06
(Pembayaran SSB POLRI : SIM, BPKB, dan Klinik Pengemudi)


Prosedur ini merupakan solusi untuk mengatasi berbagai kesalahan yang terjadi pada EDC, terutama kesalahan pada cetakan struk dan report pembayaran SSB POLRI : SIM, BPKB dan Klinik Pengemudi melalui EDC. Secara umum, proses update program EDC versi 1.06 adalah sebagai berikut :
  1. Copy program ke FlashDisk
  2. Bersihkan log transaksi lama di EDC
  3. Install program baru ke EDC, dengan cara sambungkan FlashDisk ke EDC. Secara otomatis EDC akan melakukan update/install program baru ke dalam EDC
  4. EDC bisa dipakai kembali dengan normal.

Detail langkah Update program EDC tersebut sebagai berikut.
1.    Copy Program ke FlashDisk
Pastikan Anda mempunyai FlashDisk dengan sisa space minimal 500 KB, dan Anda telah mendapatkan program untuk update EDC yang dikirim Kantor Pusat (dikirim melalui email).
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.    Ekstrak file Program_aplikasi_EDC_106.zip yang telah di download dari public folder e-mail atau Ftp://deni:stu2004@131.100.193.5 ke dalam FlashDisk dan pastikan di dalamnya terdapat folder “00000”. Pastikan isi folder “00000”adalah sbb :

 

Pastikan kembali file program EDC tersebut telah tercopy dengan benar di FlashDisk dalam folder “download”, di dalam sub folder “00000” bukan dalam bentuk zip file.
b.    Lepas FlashDisk dari komputer Anda.
Pada tahap ini, FlashDisk Anda telah berisi program EDC yang siap untuk diinjeksi ke EDC.

2.    Bersihkan Log Transaksi di EDC
Sebelum melakukan update program EDC, bersihkan log transaksi dalam EDC. Hal ini wajib dilakukan sebelum instalasi program, dengan cara sebagai berikut :
a.    Cetak Summary Repot dari EDC untuk mengetahui report transaksi sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan dengan function 79, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 79, dan Enter kembali.

FUNCTION
NUMBER
79

Masukkan password 0000, lalu Enter.
REPORT
PASSWORD
****

Kemudian pilih Summary.
REPORT
CHOOSE
AUDIT
SUMMARY

Kemudian pilih ATM.
REPORT
TRANSACTION TYPE
ATM
PURCHASE

Kemudian pilih Summary by ALL.
REPORT
SUMMARY BY
DATE
ALL

Maka summary (ringkasan) report semua transaksi EDC akan di print.

b.    Bersihkan Log Transaksi EDC dengan function 13, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 13, dan Enter kembali

FUNCTION
NUMBER
13

Masukkan password 282586, lalu Enter.
FUNCTION 13
PASSWORD
******

Maka Log Transaksi EDC akan terhapus.
FILE DELETED

Pastikan Log Transaksi telah terhapus, melalui function 11, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 11, dan Enter kembali. Jika Log sudah terhapus, maka akan muncul pesan “NO TRANSACTION”  seperti berikut.

TERMINAL
NO TRANSACTION

c.    Bersihkan Reversal (Clear Reversal) melalui function 99 dan password “ 000000 “ .
pilih CLEAR RVRSAL (nomor 2), BUKAN YANG LAIN (JANGAN SAMPAI SALAH MEMILIH KARENA AKAN BERAKIBAT FATAL)
MAINTENANCE
1.    CLEAR JURNAL
2.    CLEAR RVRSAL
3.    CLEAR ALL
4.    CLEAR AID
5.    CLEAR CAPK
6.    HOST PRINT

Jika Reversal sudah dibersihkan, maka akan muncul message REVERSAL CLEAR.
Pada kondisi ini, EDC siap di-update dengan program baru.

3.    Install Program Baru ke EDC
Setelah tahap-tahap sebelumnya dilakukan, yaitu meng-copy program baru EDC ke FlashDisk dan log transaksi EDC dibersihkan, EDC siap diinstall program baru. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a.    Cek versi aplikasi yang telah terinstall sebelumnya (existing), menggunakan function 91, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 91, dan Enter kembali.
Dalam hal ini, versi pertama yang diinstall adalah 1.04, dengan tampilan di layar sbb.
TERM. DETAIL
S/W   :  MiniATMm3
VER    :  1.04
TID    :  (sesuai settingan EDC)

Jika program sudah di-update, versinya akan berubah. Cek kembali versi tersebut setelah instalasi program baru selesai.
b.    Untuk melakukan instalasi program ke EDC, diperlukan supply listrik. Pastikan EDC terhubung ke adaptor listrik (charger), sebelum instalasi sampai instalasi selesai.
c.    Pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), masukkan/hubungkan FlashDisk pada port USB di bagian depan EDC, seperti gambar di bawah.

Rounded Rectangular Callout: Port USB untuk FlashDiskRounded Rectangular Callout: Port 
Adaptor Listrik / Charger
01851.jpg 0181.jpg 
d.    Setelah FlashDisk dimasukkan ke slot USB di EDC, beberapa (5 - 10) detik kemudian EDC akan mendeteksi adanya aplikasi baru di FlashDisk, dan EDC akan melakukan autoinstall (instalasi sendiri) selama sekitar 30 detik.
Catatan :
Autoinstall akan berjalan jika file program disimpan di folder “download” sub folder “00000”.
Jika tidak, EDC akan menampilkan file-file yang ada di FlashDisk, dan Anda harus menentukan file mana yang akan diinstall.
e.    Bila instalasi berhasil, EDC akan mencetak “INSTALL OK” dan kemudian mencetak “END OF THE SCENARIO” di kertas struk. Pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI) cabut FlashDisk dari EDC. EDC kembali normal dan bisa digunakan kembali untuk transaksi.
Untuk memastikan program telah terupdate, cek versi program yang ada di EDC, menggunakan function 91. Dalam hal ini, versi program akan berubah menjadi versi 1.06 (semula versi 1.04). Perubahan versi sesuai update progam yang dilakukan.
f.     Bila instalasi gagal atau ada permasalahan instalasi program baru EDC, silahkan hubungi :
·         e-Banking Service    :           021-5752345 / 500274
·         Perawatan EDC         :           021-96285603 / 68286600
·         PIC masing-masing Kanwil sesuai Nofacs Divisi JBR No : B.485-JBR/IJR/05/2009 tanggal 08 Mei 2009.

Catatan :
Untuk menjaga agar mesin EDC dapat terus beroperasional dengan baik, disarankan seminggu sekali menjalankan proses clear log dan clear reversal sesuai petunjuk point 2 di atas.
























Prosedur Alternatif Mengatasi Kesalahan Cetakan Struk Transaksi
Pembayaran SSB POLRI : SIM, BPKB, dan Klinik Pengemudi melalui EDC


Prosedur ini merupakan solusi alternatif untuk mengatasi kesalahan cetakan / print-out pada struk / slip transaksi pembayaran SIM, BPKB dan Klinik Pengemudi melalui EDC. Solusi ini hanya dilakukan jika update / instalasi program belum bisa dilakukan. Meskipun terjadi kesalahan di perangkat EDC-nya, pembukuan di BRINETS tetap BENAR.
Untuk mengatasi masalah tersebut, harus dilakukan update / instalasi program baru. Meskipun begitu, ada alternatif solusi lain yang bersifat sementara (jika update program belum bisa dilakukan).
Secara umum, caranya sebagai berikut :
1.    Cetak Summary Report transaksi di EDC (melalui function 79)
2.    Bersihkan / Hapus data Log Transaksi (melalui function 13)
Langkah kedua ini hanya boleh dilakukan setelah langkah pertama dilakukan.

Detail langkah di atas secara lebih detail sebagai berikut .
1.    Pencetakan Report seluruh transaksi di EDC
Cetak report transaksi bisa dilakukan pada akhir hari (setelah tidak ada transaksi) atau pada awal hari (sebelum transaksi dimulai). 
Report yang dicetak adalah laporan ringkasan (summary report). Pencetakan report dilakukan dengan menggunakan function 79.
Cetak Summary Repot dari EDC untuk mengetahui report transaksi sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan dengan function 79, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 79, dan Enter kembali.

FUNCTION
NUMBER
79

Masukkan password 0000, lalu Enter.
REPORT
PASSWORD
****

Kemudian pilih Summary.
REPORT
CHOOSE
AUDIT
SUMMARY

Kemudian pilih ATM.
REPORT
TRANSACTION TYPE
ATM
PURCHASE

Kemudian pilih Summary by ALL.
REPORT
SUMMARY BY
DATE
ALL

Maka summary (ringkasan) report semua transaksi EDC akan di print.
Setelah report tersebut dicetak, lakukan Simpan Struk Summary Report transaksi dengan baik.

2.    Pembersihan / Penghapusan Log Transaksi di EDC
Untuk melakukan penghapusan LOG TRANSAKSI, pastikan terlebih dahulu Anda telah melakukan Pencetakan Report, seperti yang dijelaskan pada langkah 1 di atas. Setelah itu, baru boleh dilakukan pembersihan / penghapusan log / catatan transaksi di EDC.

Catatan :
Pembersihan / penghapusan Log Transaksi dilakukan setiap hari, yaitu pada akhir hari (setelah tidak ada transaksi pembayaran melalui EDC atau layanan ditutup), atau pada awal hari (sebelum layanan / transaksi dimulai).
Pembersihan / penghapusan Log Transaksi di EDC bisa dilakukan dengan menggunakan function 13, dengan cara berikut :

Bersihkan Log Transaksi EDC dengan function 13, dengan cara pada kondisi layar EDC idle (berlogo BRI), tekan Enter (tombol Hijau), lalu input 13, dan Enter kembali

FUNCTION
NUMBER
13

Masukkan password 282586, lalu Enter.
FUNCTION 13
PASSWORD
******

Maka Log Transaksi EDC akan terhapus.
MINIATM_TRX
FILE DELETED

Jika kedua langkah di atas telah dilakukan, maka transaksi pembayaran SIM, BPKB, dan Klinik Pengemudi bisa kembali dilakukan dengan normal.

Catatan :
Prosedur ini hanya berlaku jika update / install program baru belum bisa dilakukan.

8 komentar:

  1. Cara mematikan edc verifone gmn??

    BalasHapus
  2. cara biar layar dan tombol ga nyala terus gimana ya batrenya biar ga boros,edc merk ferifone ,thanks

    BalasHapus
  3. EDC sering gk terkoneksi KeGPRS harus cabut batrei dan pasang kembali baru kembali normal.. apa ada cara lain...bagaimana cara merestar EDC agar dapat koneksi GPRS dengan normal

    BalasHapus
  4. EDC sering gk terkoneksi KeGPRS harus cabut batrei dan pasang kembali baru kembali normal.. apa ada cara lain...bagaimana cara merestar EDC agar dapat koneksi GPRS dengan normal

    BalasHapus
  5. EDC muncul tulisan erruption knapa ya gan bls

    BalasHapus
  6. EDC muncul tulisan erruption knapa ya gan bls

    BalasHapus
  7. mesin edc tipe vx 520 keterangan di monitor *DOWLOAD NEEDED*GO FILE NOT FOUND.SOLUSINYA GMN

    BalasHapus
  8. saya punya mesin edc ingenico wl220 sy coba clear reversal veild tapi pasowr 000000 tidak bisa bagaiaman solusinya agan..

    BalasHapus